Apakah teknologi membuat kita lalai?

[ad_1]

Seorang pria melangkah ke meja check-in di bandara Toronto dan berkata kepada pramugari, “Selamat pagi! Bisakah Anda check-in untuk penerbangan ke Winnipeg dan mengirim tas saya ke Cancun!” Meski terkejut dengan permintaan tersebut, wanita di belakang konter dengan sopan menjawab, “Maaf Pak. Saya pasti bisa check-in di penerbangan Anda ke Winnipeg, tapi tas Anda harus ikut dengan Anda. Saya tidak bisa mengirim tas Anda ke Cancun. .” Pria itu tersenyum dan menjawab, “Tapi Anda melakukannya terakhir kali!”.

Saya berharap saya dapat memberi tahu Anda bahwa ini hanya cerita lucu – dan memang demikian. Sayangnya, ini berdasarkan pengalaman nyata. Keluarga saya, termasuk saya, suami saya, dan tiga anak, baru-baru ini melakukan perjalanan dari Toronto ke Winnipeg. Secara umum, saya merasa lebih nyaman bepergian dengan penerbangan domestik – tanpa penyeberangan perbatasan dan tanpa bea cukai untuk dilewati. Biasanya semuanya berjalan cukup lancar dengan penundaan penerbangan individu atau pembatalan penerbangan.

Pada pagi hari penerbangan kami ke Winnipeg, saya memeriksa email saya dan menemukan bahwa penerbangan itu tertunda sekitar satu jam – bukan masalah besar. Kami tiba di bandara dan punya banyak waktu.

Siapa pun yang telah bepergian baru-baru ini tahu bagaimana hal-hal telah berubah selama beberapa tahun terakhir. Sebagian besar proses sekarang ditangguhkan ke “klien”. Saya sedang menunggu hari seseorang memberitahu saya bahwa saya harus menerbangkan pesawat sendiri!

Bagaimanapun, saya memeriksa kami semua secara online malam sebelumnya dan mencetak semua boarding pass kami. Ketika kami sampai di bandara, saya menggunakan stasiun layanan mandiri untuk mencetak label bagasi kami dan kami menandai tas kami sendiri. Sejujurnya, tidak banyak yang tersisa untuk awak bandara. Kami dengan cepat bergerak melalui jalur pemeriksaan bagasi dan menyerahkan kelima tas itu bersama-sama. Kami naik pesawat kemudian dan setelah sekitar dua setengah jam kami mendarat di Winnipeg. Sejauh ini baik.

Winnipeg baru-baru ini membangun bandara berteknologi tinggi baru. Kami melanjutkan untuk mengklaim bagasi dan memposisikan diri di dekat tempat tas keluar dari korsel.

Empat tas kami muncul dengan sangat cepat. Kemudian kami menunggu. “Tasmu pergi ke Cancun!” canda putraku, yang sering mengambil kesempatan untuk melecehkan adiknya. Kami benar-benar mengira itu adalah lelucon pada saat itu, tetapi ketika kami melihat kilatan cahaya yang menunjukkan tidak ada lagi tas yang harus diikuti, kami mulai bertanya-tanya apa yang terjadi dengan tas yang hilang.

Untuk mempersingkat cerita, kami akhirnya mengajukan laporan “tas yang hilang” dan meninggalkan bandara dengan 4 dari 5 tas. Putri saya yang berusia 10 tahun kesal tetapi dia benar-benar menangani situasi dengan cukup baik. Saya bersyukur bahwa tas yang hilang adalah miliknya dan bukan putri atau suami saya yang berusia 17 tahun! Tidak sampai larut malam kami mengetahui bahwa tasnya telah dikirim ke Cancun! Kami diberitahu bahwa dia akan naik pesawat ke Toronto keesokan paginya dan kemudian diterbangkan ke Winnipeg. Kami dapat mengambilnya atau mengatur agar dikirim ke tempat kami menginap.

Dalam percakapan kami hari itu, saya ingat ibu saya mengirim paket dari Toronto ke Winnipeg dan entah bagaimana berakhir di Halifax! Hari berikutnya kami tidak menerima panggilan telepon. Saya menindaklanjuti di pagi hari dan diberi tahu bahwa tas itu belum tiba di Toronto atau Winnipeg. Pada saat itu mereka tidak tahu di mana itu… tidak sampai 18:30 pada hari kedua kami bahwa kami diberitahu tas itu akhirnya dimasukkan ke dalam Halifax!

Saya memastikan itu akan dialihkan ke Toronto pada hari berikutnya dan kemudian ke Winnipeg. Pada titik ini saya tidak tahu harus percaya apa, tetapi kami semua sepakat untuk tidak membicarakan tujuan perjalanan yang jauh! Untungnya, kami mendapat telepon keesokan harinya bahwa tas itu ada di Bandara Winnipeg. Kami membuat pengaturan untuk mengirimkannya ke pondok tempat kami menginap sekitar 1-1/2 jam di luar Winnipeg. Kami memiliki tas malam itu.

Kejadian ini membuat saya bertanya-tanya. Bagaimana hal seperti ini bisa terjadi di era teknologi saat ini?

Tidak ada keraguan bahwa teknologi telah meningkatkan kehidupan kita dalam banyak hal dan menyelesaikan banyak operasi rutin. Namun, masih ada batasnya. Jika manusia yang terlibat itu adalah kesalahan manusia. Di suatu tempat di sepanjang jalan tas putri saya ditangani oleh seseorang dan salah tempat meskipun jelas ditandai dengan label bagasi yang dibuat secara elektronik yang menunjukkan kode bandara untuk Winnipeg.

Anda sering mendengar orang berkata, “Saya hanya manusia. Saya membuat kesalahan.” Justru untuk alasan inilah kita masih perlu memeriksa pekerjaan kita. Teknologi telah membuat kita agak ceroboh. Ini memberi kita rasa aman yang salah dan lupa bahwa kita hanya menggunakan alat.

Pemeriksa ejaan adalah contoh yang sangat baik. Ini terbatas dalam hal kesalahan yang dapat dideteksi.

Saya dapat mengingat bertahun-tahun yang lalu ketika saya sedang menulis artikel dengan mesin tik listrik. Saya sangat berhati-hati untuk tidak membuat kesalahan karena mengetahui itu berarti saya harus menghapus dan menulis ulang. Jika saya menghapus terlalu keras, akan ada lubang di kertas atau noda – yang berarti saya harus mengetik ulang seluruh halaman. Jika ada kertas karbon di antaranya (untuk membuat salinan), itu semakin memperumit masalah! Kami telah menempuh perjalanan jauh dengan komputer dan keyboard, tetapi saya akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa saya telah menjadi penulis yang kotor dan sangat bergantung pada tombol Backspace dan Delete!

Satu hal yang saya pelajari selama bertahun-tahun adalah pentingnya memeriksa kembali pekerjaan saya. Baik itu dokumen terperinci atau email singkat, saya biasanya membaca ulang apa yang saya tulis beberapa kali sebelum saya mengirimkannya.

Teknologi telah memudahkan kita untuk bersantai dan membuat kesalahan. Dalam contoh tas, kesalahan mengakibatkan kejengkelan, ketidaknyamanan, dan pemborosan uang dan waktu. Untungnya, bug ini relatif kecil dan memiliki efek sementara.

Namun, terlalu sering, kesalahan menyebabkan hasil yang mahal dan terkadang menghancurkan.

Teknologi memiliki batasnya. Luangkan beberapa menit ekstra dan periksa kembali!